Blogroll

Wednesday, June 12, 2013

Manfaat dan Masalah Jaringan Komputer

Tujuan/Manfaat Jaringan Computer

Manfaat jaringan computer bagi user dikelompokkan menjadi dua, yaitu untuk kenutuhan perusahaan dan jaringan untik umum.

Tujuan dari terbangunnya sebuah jaringan pada suatu perusahaan adalah :
·         Reshource sharing yang bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data, bisa digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai.
·         High reliability ( keandalan tinggi ) yang diperoleh karena ketersediaan sumber daya alternative. Missalnya, semua file dapat disalin ke semua mesin sehingga bila salah satu mesin mati, maka file tetap dapat diakses dari mesin lain yang masih aktif. Selain itu, dengan adanya CPU yang banyak, maka salah satu CPU tidak dipakai,
maka CPU lain akan mengambil alih tugasnya, walaupun kinerjanya menjadi menurun. Kemampuan melanjutkan pekerjaan saat mendapatkan masalah pada perangkar keras adalah suatu hal yang sangat penting.
·         Saving Money (menghemat uang). Computer berukuran kecil mempunya resiko harga/kinerja yang lebih baik dibandingk dengan computer yang besar.
Ketidak seimbangan harga/kinerja ini memnyebabkan para perancang system merasa lebih baik membangun sistem yang terdiri dari computer-komputer kecil (PC).
Manfaat jaringan computer untuk umum:
Jaringan computer akan memberikan layanan yang berbeda kepada perorangan di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan perusahaan. Terdapat tiga pokok yang menjadi daya tarik jaringan computer pada perorangan yaitu”
1.       Acces ke informasi yang bebeda di tempat lain (seperti akses berita hari ini, e-commerce atau e-businness), semuanya update.
2.       Komunikasi orang ke orang (Person to Person seperti e-mail, cahatting, dll).
3.       Hiburan interaktif (seperti nonton acara tv online, radio streaming, download fil,m atau lagu dll)
Masalah yang Ditimbulkan oleh Jaringan Komputer (Internet)

Penggunaan internet tidak akan menimbulkan masalah selama sunjeknya teratas pada topic-topic teknis, pendidikan atau hobi, juga hal –hal yang masih dalam batas norma-norma kehidupan, tetapi kesulitan molai muncul bila suatu situs di internet memppunyai topik yang sangat menarik perhatian orang.
Koneksi jaringan ini juga akan menimbulkan masalah ekonomi yang serius bila teknologinya dimanfaatkan oleh pihak tertentu yang mengambil keuntungan pribadi namun merugikan pihak lain, missal kegiatan carding, download software komersil secara illegal.
Gambar yang dipasang di internet mungkin merupakan sesuatu yang biasa bagi sebagian orang, namun sangat mengganggu bagi sebagian orang lain, karena menimbulkan masalah SARA).
Selain itu juga bentuk-bentuk pesan tidaklah terbatas hanya pesan tekstual saja. Foto berwarna dengan resolusi tinggi sekarang sudah bisa disebar luaskan melalui jaringan computer.
Sebagian orang dapat bersikap acuh tak acuh, tapi sebagian lainnya pemasangan materi tertentu (misalnya pornografi) merupakan sesuatu yang tidak bisa diterima.

0 comments:

Post a Comment