Blogroll

Wednesday, June 12, 2013

Jenis-jenis Jaringan

Local Area Network (LAN)

Lan adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkukngan, seperti sebuah kantor pada sebuah gedung, atau tiap-tiap ruangan dalam setiap sekolahan. biasanya jarak antara mode tidak jauh dari 200 m.

     
                                  gambar Local Area Network


Metropolitan Area Network (MAN)


MAN biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar gedung dalam suatu daerah. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jenis jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar. Sebagai contoh, jaringan beberapa kantor cabang sebuah bank di dalam sebuah kota besar yang dihubungkan antara satu dengan yang lain.


                                                                      Metropolitan Area Network
Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang bisanya sudah menggunakan mesia wireless, sarana satelit, ataupun kabel serat optic, karena jangakauannya yang lebih luas, bukan hanya meliputi satu kota antau antar kota dalam suatu wilayah, tetapi molai menjangakau wilayah otoritas Negara lain.
Biasanya WAN lebih rumit dan kompleks bila dibandingakan dengan LAN atau MAN. Banyak menggunakan sarana untuk menggabungkan antara LAN ddan WAN ke dalam komunikasi global seperti internet, meski demikian antara LAN, MAN, dan WAN tidak banyak perbedaan antara beberapa hal . hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu dengan yang lain.
                                                         Wide Area Network (WAN)


Jarak antar komputer
Lokasi/Area
Jenis Jaringan
1 – 10 m
Ruangan
Local Area Network
100 m - < 1 km
Gedung oerkantoran
1 – 10 km
Kota
Metropolitan Area Network
> 10 - < 100 km
Kabupaten, Propinsi
>= 100 km
Negara
Wide Area Network
>= 1.000 km
Benua
>= 10.000 km
Planet
Internet

Nilai – ilia yang terdapat pada table di atas bukan merupakan nilai mutlak yang menghubungkan antar computer , karena jarak tersebut bisa saja lebih pendek, tergantung pada kondisi area suatu wilayah.

0 comments:

Post a Comment