Blogroll

Saturday, November 1, 2014

PENGERTIAN DAN FUNGSI INTERNET DALAM ILMU TEKNOLOGI INFORMASI

Internet

Adalah sebuah system komunikasi yang global yang menghubungkan computer-computer dan jaringan-jaringan computer di seluruh dunia. Setiap computer terhubung langsung maupun tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lain.
Secara harfiah, internet adalah rangkaian computer yang terhubung ke beberapa jaringan lain. Ketika computer terhubung secara global dengan menggunakan TCP/IP sebagai protocol perputaran packet data. Maka rangkaian jaringan computer yang besar ini dapat dinamakan internet. Cara menghubungkan rangkaian computer dengan kaidah ini dinamakan internetworking.
Internetworking merupakan kumpulan jaringan local are, juga metropolitan area yang umumnya terhubung melalui router-router sehingga membentuk jaringan wide area yang begitu besar.
Terkoneksi ke internet berarti menghubungkan perangkat computer atau perangkat lain yang digunakan ke dalam jarinan computer global di dunia. Tidak hanya perangkat computer seperti router , PC, laptop, atau server yang bisa terkoneksi ke internet.

Kemunculan internet

Sejarah internet awalnya berasal dari proyek ARPA yang dibentuk tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Proyek ini kemudian dikenal dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang melakukan riset tentang cara menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya agar bisa saling berkomunikasi. Pada tahun 1970, proyek ini berhasil menghubungkan lebih dari 10 komputer dalam bentuk jaringan, dan beberapa tahun kemudian, hasil riset proyek ini dikembangkan di luar Amerika. Karena jumlah komputer yang terhubung semakin banyak, maka pada tahun 1980 dibuatlah protokol resmi yang dikenal dengan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Budaya internet

Jumlah pengguna internet yang besar dan semakin berkembang telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunya pengaruh yang besar atas ilmu dan pandangan dunia.
Pertumbuhan internet juga sudah mempengaruhi pertumbuhan ekonomi . berbagai transaksi yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka, kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui internet. Transaksi melalui internet ini dikenal denga nama e-commerce. Terkait denga pemerintahan, internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government.

fasilitas yang disediakan melalui internet:

World Wide Web (WWW). World wide web merupakan kumpulan dokumen multimedia yang saling terkoneksi menggunakan link hypertext. Hyperlink merupakan sebuah link yang digunakan untuk melakukan perpindahan antar dokumen. Web memudahkan kita  mengakses berbagai informasi dalam bentuk teks, gambar, video, suara, dan juga animasi.
E-mail. Electronic-mail adalah surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima melalui komputer. Dengan e-mail, pesan yang dikirimkan akan sampai kepada penerima saat itu juga. Dibandingkan dengan pengiriman surat melalui jasa pengiriman, e-mail telah memangkas waktu dan pesan yang disampaikan juga up-to-date. E-mail saat ini sudah bisa disertai dengan grafik, gambar foto, suara, animasi, dan bahkan bisa mengirim ke beberapa alamat sekaligus.
Telnet. Telnet (Telecommunication Network) merupakan salah satu protokol jaringan yang digunakan di koneksi internet atau LAN (Local Area Network). Telnet digunakan untuk melakukan koneksi ke sebuah server dan port tertentu. Telnet digunakan untuk berinteraksi langsung dengan server. Anda dapat mengetikkan perintah langsung dari komputer untuk ditujukan ke server dan server akan langsung merespon dengan mengirimkan output (keluaran) untuk ditujukan ke komputer yang mengirimkan perintah

FTP. File Transfer Protocol (FTP) adalah salah satu layanan internet untuk melakukan transfer file. Proses melakukan transfer file dari komputer ke server (file server) disebut dengan istilah unggah (upload). File yang sudah berada di file server, dapat diambil oleh orang lain untuk disimpan di komputer (pc). Proses mengambil file dari file server disebut dengan unduh (download).

0 comments:

Post a Comment