Blogroll

Thursday, October 30, 2014

TIPS MENGGUNAKAN KOMPUTER YANG BAIK DAN BENAR

menggunakan komputer yang baik dan benar
Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya tentang bagaimana menggunakan komputer yang baik dan benar. Sebelumnya saya ingin cerita masalah saya saat menggunakan komputer. Karena terlalu asik menggunakan komputer, saya sampai lupa dengan tubuh saya sendiri. Terlalu lama di depan komputer, dengan posisi duduk yang tidak benar, mengakibatkan punggung saya menjadi sakit, dan posisi monitor yang tidak benar juga mengakibatkan mata saya menjadi sakit juga. Nah, sekarang saya akan mengungkapkan tips menggunakan komputer yang baik untuk menjaga kesehatan punggung, mata, dan yang lainnya. Langsung saja :
Jangka menggunakan komputer
Dianjurkan untuk beristirahat setiap 1 jam sekali dalam 5 atau 10 menit dengan cara beranjak dari tempat duduk.
Posisi Kursi
Punggung kursi sedikit mirig kedepan.
Penggunaan monitor
  • Ujung monitor teratas sejajar atau sedikit lebih rendah dengan ketinggian mata. Untuk mengurangi pancaran sinar dari layar CRT, digunakan filter layar.
  • Atur posisi monitor sehingga bagian atasnya sejajar atau di bawah garis mata., hal ini dilakukan untuk mencegah anda untuk mendongak untuk melihat monitor.
  • sesuaikan tingkat kecerahan monitor
  • atur posisi monitor agar senyaman mungkin
  • atur jarak monitor ke mata (50-60 cm) terhadap mata.

Posisi Tangan
Posisi tangan dan lengan tangan diusahakan lurus ketika melakukan pengetikan. Usaha pergelangan tangan tidak manumpu pada benda apa pun.
Posisi Duduk dan Kepala
  • Kepala tegak dengan punggung dan berjarak sekitar 45 cm sampai 75 cm dari layar monitor.
  • gunakan kursi yang memiliki tinggi selutut anda.
  • pilih kursi yang ada sandarannya agar anda bisa bersandar, hal ini membuat punggung anda menjadi nyaman
  • posisi kepala tidak condong ke depan untuk mengurangi ketegangan leher.
  • usahakan tidak membungkuk
  • sesekali ubah posisi duduk anda.

0 comments:

Post a Comment